Gen dan Kromosom

0 komentar
DNA menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk membentuk suatu sel. Sel-sel bersama-sama menyelenggarakan fungsi organ tubuh manusia. Molekul-molekul DNA terpilin rapat sebagai benang-benang kromosom. Terdapat 46 pasang kromosom di dalam inti hampir setiap macam sel. Molekul-molekul DNA tersusun dalam dua untai benang yang dengan jalinan spiral membentuk struktur organisasi yang dinamakan Heliks Ganda. Kedua benang disatukan oleh empat zat kimia khusus yang disebut asam basa. Urutan asam basa secara tepat di sepanjang molekul DNA merupakan sandi perintah dalam proses pembentukan dan kerja sel.
Ada sekitar 100.000 buah gen di dalam tubuh manusia. Setiap Gen Tunggal terdiri atas  bagian kecil molekul DNA. Masing-masing gen memberi perintah kepada sel untuk membuat protein khusus. Karena protein mengendalikan metabolisme gen, gen menentukan bentuk tubuh kita dan mengoperasikan tubuh. Kecuali kembar identik, kombinasi gen setiap orang pasti berlainan. Gen tersusun berpasangan sesuai dengan pasangan kromosomnya. Kromosom pertama berasal dari ibu (maternal) dan kromosom kedua berasal dari ayah (paternal). Setiap gen pada pasangan kromosom memuat dua ciri variasi.
Kromosom memuat ribuan gen. Gen-gen diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Di dalam ovarium dan testis berlangsung proses pembelahan yang disebut meiosis, sehingga sel-sel kelamin (sel telur dan sperma) masing-masing memiliki 23 kromosom. Sepasang kromosom, disebut kromosom seks (Seks Kromosom), berbeda dari 22 pasang kromosom lainnya. Kromosom kelamin pada laki-laki dan perempuan sama-sama membara bibit gen, tetapi keduanya berbeda. Kromosom kelamin laki-laki terdiri dari kromosom X yang lebih panjang, berpasangan dengan kromosom Y yang lebih pendek. Kromosom kelamin perempuan memiliki dua Kromosom X. Adanya kromosom XY di dalam embrio menandakan organ reproduksi laki-lakilah yang dibentuk.
Struktur DNA ditemukan pada tahun 1953 oleh dua ilmuwan yaitu Francis Crick dan Rosalind Franklin asal Inggris dan seorang ahli bio kimia yaitu James Watson dari Amerika Serikat.
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Gen dan Kromosom"

KumPUL BlOgG3RzZ...