Ilmuwan Archimedes

4 komentar

Archimedes (287-212 SM);  ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Ia adalah seorang Matematikawan berdarah Yunani, ia dikenal sebagai penemu pompa spiral untuk menaikkan air. Pompa yang disebut "Sekrup Archimedes" ini masih digunakan hingga kini. Ia menemukan prinsip hitungan kalkulus diferensial dan rumus volume bola.

Ia menjadi terkenal setelah mengemukakan prinsip pengapungan, yang konon ditemukannya ketika sedang berendam di bak mandi. Ia melihat tubuhnya memindahkan air. Pada suatu hari Archimedes dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka! Eureka!" yang artinya "sudah kutemukan! sudah kutemukan!" Lalu ia membuat hukum Archimedes. Ia dibunuh oleh serdadu Romawi ketika terjadi penyerbuan di kota tempat tinggalnya yaitu Syracuse.Archimedes juga dijuluki sebagai bapak IPA Eksperimental.
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

4 Response to Ilmuwan Archimedes

6 Januari 2010 pukul 07.00

kemauan dan tekad untuk memperjuangan hak untuk mendapatkan pengetahuan akan didapat sepanjang tak berhenti melakukannya.

6 Januari 2010 pukul 08.53

wah siip lah , bila perlu kita yang jadi ilmuan ya. amiiin

6 Januari 2010 pukul 11.56

Mengapung, Melayang & Tenggelam
bagai roda kehidupan
Semoga di tahun 2010
kita tidak tenggelam .. . tp mengapung & melayang tetap eksis.
Salam Persahabatan

7 Januari 2010 pukul 03.31

ilmuwan memang suka aneh" ya,,, begitu nemuin sesuatu langsung terik eureka ampe lupa pake baju,,, heee.....

KumPUL BlOgG3RzZ...